Internet

Subscribe:
peluang usaha

Kemajuan Teknologi Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Benarkah?

Kemajuan teknologi bisa berdampak positif dan negatif, tergantung pribadi kita masing-masing. Positif bila kemajuan teknologi ini dipakai untuk hal-hal yang benar/baik, namun negatif apabila disalahgunakan oleh pemakainya. Sebagai contoh Dunia Maya misal aja Internet, begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh, banyak pula ilmu-ilmu yang dapat kita serap dan hati-hati pula karena banyak hal-hal negatif didalamnya, ketika kita sudah menyimpang dari hal-hal yang positif.

Salah satu hal negatifnya yaitu pornografi yang mudah beredar. Tidak sedikit pula anak-anak kecil yang menggunakan internet untuk membuka situs-situs porno, entah itu hanya sekedar iseng atau mungkin sudah ada niat untuk membukanya. Tidak sedikit orang yang datang ke suatu tempat penyedia Internet atau Warnet awalnya mencari bahan untuk tugas namun disela-sela searching bahannya mereka membuka situs porno, ada juga yang memang sudah niat untuk membuka situs porno. Banyak sekali pengguna internet mulai dari remaja, Dewasa, Bapak-bapak bahkan anak usia SD. Karena tujuan seseorang menyediakan Layanan Internet bukan untuk menyediakan situs porno, melainkan untuk membantu memudahkan masyarakat khususnya bagi mahasiswa dan pelajar untuk memperluas pengetahuanya dan mempermudah dalam berkomunikasi.

Kemajuan teknologi sulit untuk dihindari, setiap hari semakin berkembang, semuanya berbalik pada diri kita masing-masing. Mana yang harus kita pilih?! Positif or Negatif. Semua ada konsekuensinya.

Loading....

Nama Perusahaan Berskala Global

Konsumen kehilangan kepercayaan atas sejumlah produk pada tahun ini. Pasalnya, adanya krisis global membuat perusahaan melakukan kebijakan ketat.

Untuk mengetahuinya, sebuah perusahaan riset pemasaran berskala global, Interbrand, kembali melakukan penelitian atas citra produk di mata konsumen.

Hasilnya, dua perusahaan dinyatakan mampu meyakinkan pasar dan tidak tergoyahkan sebagai citra produk yang paling bergengsi. Keduanya yakni, Coca-Cola dan IBM. Tapi ada juga citra perusahaan kelas dunia yang berjatuhan, seperti Nintendo dan Sony.

"Citra penilaian dari sebuah janji dan kita harus siap untuk memenuhinya. Jika janji-janji itu telah hancur maka kita konsumen cenderung tidak percaya lagi," ujar CEO Jez Frampton, salah satu perusahaan yang masuk dalam kategori The World's 10 Most Valuable Brands in 2009, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (18/9/2009).

Dalam risetnya, Interbrand menilai perusahaan bukan sekadar dari logo nama atau warna saja. Namun, sebuah merek mencakup semua elemen dari suatu produk atau jasa dari desain, bahan, hingga pemasaran, iklan, serta kontribusinya terhadap aset perusahaan.

Berikut Daftar The World's 10 Most Valuable Brands in 2009 Tahun lalu:

1. Coca-Cola, aset naik tiga persen menjadi USD68,73 miliar.
Perusahaan telah berusia 123 tahun. Tapi semakin tua semakin menjadi. Di tengah krisis perusahaan minuman bersoda ini tidak menunjukkan pelemahan. Perusahaan ini dinobatkan menjadi perusahaan nomor satu. Volume penjualannya telah memberikan kontribusi yang besar terhadap perusahaan.

Tahun ini, perusahaan memperluas merek Coke Zero ke-107 negara dan meluncurkan slogan baru, yakni "Open Happines". Logo ini ditujukan untuk membangkitkan optimisme saat masa-masa sulit.

2. IBM, asetnya naik dua persen menjadi USD60,21 miliar.
IBM menerima hak paten AS selama 16 tahun berturut-turut. Investasi besar-besaran demi melakukan inovasi terus dilakukannya. Inovasi ini membuat perangkat keras ke perangkat lunak dan solusi layanan merek.

IBM dinilai sebagai pemimpin pasar. Perusahaan ini hadir di lebih dari 170 negara dan sekira 65 persen dari pendapatannya berasal dari luar Amerika. IBM secara efektif mengkomunikasikan pesan kepada massa menggunakan iklan di YouTube.

3. Microsoft, aset turun empat persen menjadi USD56,65 miliar.
Pada 2009 merupakan tahun pertama Microsoft mengalami penurunan yang signifikan dalam sejarah. Dewasa ini, raksasa industri komputer menghadapi kompetisi yang ketat. Pangsa pasar browsing Microsoft Internet Explorer menurun 10 persen setiap dua tahun. Sementara Mozilla Firefox keuntungannya sebesar 10 persen dalam periode waktu yang sama.

4. GE, aset turun 10 persen menjadi USD47,78 miliar.
Meskipun posisi GE tergelincir dalam memimpin teknologi, tapi perusahaan ini siap untuk melakukan inovasi dan merek dalam jangka panjang. Perusahaan ini masih memimpin evolusi pesaing tradisional lainnya. Ini berkat kemampuannya untuk menyentuh konsumen pada tingkat emosional.

Tahun ini, GE menawarkan jasa keuangan namun tidak sebaik yang ditargetkan, khususnya bisnis B2C. Selain itu, GE menghadapi persaingan dari Sony Ericsson. Setelah kehilangan posisi kepemimpinan dalam teknologi kedokteran tahun ini, GE berencana untuk berinovasi dengan citra "healthymagination." Proyek ini memerlukan suatu investasi sebesar USD6 miliar hingga 2015.

5. Nokia, aset turun tiga persen USD34,87 miliar.
Nokia sibuk bersaing mengikuti tren smartphone seperti yang dilakukan pesaingnya Apple iPhone dan RIM dengan produk BlackBerry.
N97, sebuah ponsel N-series dengan andalan komputer di handphone pertama kalinya diperkenalkan pada Desember 2008, dirancang untuk mengungguli industri teknologi yang kompetitif. Tetapi pada 2009, persaingannya dengan Apple atau RIM semakin ketat.
Di pasar, pesaingnya tumbuh lebih pesat, di mana semula Nokia memimpin pasar, dengan target khalayak yang lebih muda dan desain trendi. Pada tahun berikutnya, Nokia berencana untuk lebih memperhatikan pasar AS dengan meningkatkan investasi dan mengembangkan hubungan dengan operator selular seperti AT & T.

6. McDonald's, asetnya naik empat persen menjadi USD32,28 miliar.
McDonald's berhasil melakukan strategi yang baik pada tahun ini. Restoran cepat saji ini melayani lebih dari enam juta pelanggan setiap hari. Slogan andalannya adalah "I'm Lovin' It" Penjualan McDonald's mampu tumbuh subur, bahkan merebut pangsa pasar baru dengan McCafé.
Namun sama seperti restoran lain, McDonald's tetap terpukul dengan kenaikan harga daging sapi dan keju. Agar tetap medapat keuntungan, perusahaan terpaksa menaikkan harga menu andalan Double Cheeseburger.

7. Google, aset naik 25 persen menjadi USD31,98 miliar.
Diversifikasi bisnis Google dan iklan inovatif yang terus dilakukan secara berkala menjadi senjata pamungkas bersaing dengan kompetitor. Google Chrome adalah dua kali lebih cepat dibandingkan pesaingnya. Perusahaan ini mencuri pangsa pasar browser pesaingnya. Tahun ini, Google telah terus berinovasi. Itu merilis perangkat lunak ponsel Android pada September 2008 yang melibatkan source code di seluruh dunia.

8. Toyota, aset naik delapan persen menjadi USD31,33 miliar.
Pada 2008, Toyota mendapat kerugian pertama kalinya dalam 70 tahun terakhir akibat situasi ekonomi yang sulit. Penghasilan bersih menurun sekira 21 persen dan penjualan kendaraan turun sekira 15 persen. Bahkan penjualan dari tipe Prius hibrida (yang paling laris) melambat, ketika harga BBM meningkat. Toyota berupaya terus mengembangkan produk dalam jangka panjang. Rencananya, produsen mobil ini akan membuat ruang pamer ramah lingkungan.

9. Intel, aset turun dua persen menjadi USD30,64 miliar.
Intel bertekad untuk masuk ke kategori chipmaker nomor satu di dunia. Intel akan menjalin kemitraan produsen ponsel Nokia dan akan menanamkan chip pada ponsel ke tangan jutaan pelanggan.

10. Disney, turun tiga persen menjadi USD28,45 miliar.
Keajaiban dirasakan oleh Disney pada saat krisis. Walaupun anggaran iklan meningkat, namun jaringan milik Disney, majalah, dan Disney.com, mampu memberikan daya pikat dibenak khalayak. Ini termasuk permainan video, resor baru, dan situs interaktif baru.

Loading....

Strategi Juara dalam Berbisnis

Apa sebenarnya yang membuat Microsoft terus berjaya? Lalu mengapa Nokia mampu menjadi produk cell phone yang paling banyak dicintai para konsumen? Dan apa yang membuat BMW selama puluhan tahun terus menjadi ikon kemakmuran yang terus diburu orang? Belajar dari kisah sukses perusahaan-perusahaan berskala global terkemuka dalam melayani pelanggan, tampaknya ada sejumlah pelajaran yang bisa dipetik. Pelajaran utama yang bisa diambil adalah ini : bahwa proses melayani pelanggan ternyata mesti diawali dengan pilihan strategi yang benar. Dengan kata lain, proses melayani kebutuhan pelanggan ternyata tidak sekonyong-konyong muncul dari langit, namun mesti diselaraskan dengan pilihan strategi perusahaan (corporate strategy) yang telah diputuskan.
Dalam konteks ini terdapat tiga jurus strategi yang acapkali diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia. Jurus yang pertama adalah pilihan strategi yang berorientasi pada product leadership (keunggulan produk). Perusahaan pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R & D-nya demi terciptanya produk yang ciamik. Intel yang terkenal dengan seri Pentium-nya mungkin contoh yang paling sempurna untuk kategori ini. Atau juga perusahaan-perusahaan adibusana seperti Louis Vuitton yang tenar dengan produk tas-nya. Dan tentu saja, kita mesti menunjuk BMW dan Ferarri, dua produsen otomotif yang selalu menciptakan produk-produk legendaris nan menawan.

Jurus strategi yang kedua adalah pilihan yang berorientasi pada operational excellence (keunggulan operasional). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif. Dell, perusahaan komputer asal Texas itu, merupakan sampel yang layak disebut dalam kategori ini. Dengan model dan proses bisnis yang amat efisien, mereka mampu menciptakan produk-produk desktop dengan harga yang lebih komptetitif dibanding para pesaingnya, semacam IBM dan HP.

Jurus yang terakhir adalah pilihan strategi yang mengacu pada customer intimacy (keintiman dengan pelanggan). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan akan tercipta relasi yang langgeng. Banyak perusahaan di bidang perhotelan dan juga penerbangan yang melakoni strategi ini demi membangun loyalitas para pelangggannya. Harley Davidson juga amat terkenal memiliki hubungan yang luar biasa intim dengan para pemakainya; sehingga mereka bisa membangun fanatisme yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.

Tentu saja, banyak perusahaan yang juga mengkombinasikan beragam jurus itu, dan tidak hanya berfokus pada satu jurus. Honda misalnya, selain dikenal memiliki produk-produk yang unggul, juga dikenal memiliki proses bisnis yang amat efisien. Demikian juga, Singapore Airline. Selain memiliki produk penerbangan yang ciamik, mereka juga memiliki keahlian dalam membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya.

Demikianlah, tiga jurus strategi bisnis yang layak dikedepankan. Deretan jurus yang bila dipentaskan dengan presisi yang tinggi dijamin akan menghantarkan sang pemainnya dalam bahtera keunggulan.

Loading....

Manfaat Internet dan Teknologi Komputer

Komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari tidak bisa dipisahkan bung. Jika hari gini anda tidak bisa menggunakan komputer ya ampun anda sama saja “buta huruf”. Lalu manfaat komputer ini untuk apa aja :
Manfaatnya sebenarnya sama saja dengan manfaat teknologi lainnya yaitu mempermudah pekerjaan manusia.
Beberapa dari ribuan manfaat komputer (termasuk internet) ini :

* Jika dulu ngetik pakai mesin ketik nggak bisa diedit sekarang bisa.
* Dapat mengedit bahakan memberikan efek gambar sesuka hati.
* Dapat menyimpan dan dengerin MP3 bajakan kesukaan
* Dulu jika ngirim surat bisa berhari-hari. Pakai email bisa hanya dalam hitungan milidetik.
* Dapat melakukan pekerjaan administrasi yang jauh lebih mudah dan efisien
* dsb

Tapi apakah benar hal-hal diatas dari manfaat teknologi ini. Sebenarnya nggak juga. Komputer dibuat dulu berdasarkan :

komputer dapat melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa lelah dan cepat.

Satu-satunya kelebihan komputer dibanding manusia ya sebenarnya cuma itu , mereka dapat melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa lelah. Mereka mampu melakukan perhitungan yang cepat juga karena dapat melakukannya berulang-ulang.

Walau begitu apakah manfaat internet dan komputer benar-benar menyelesaikan seluruh permasalahan kerja manusia. Oh ya tentu, mereka memang menyelesaikan masalah manusia. Namun disisi lain mereka juga membuat masalah yang baru. contohnya berikut :

* Orang zaman dahulu tidak mempunyai masalah mengupdate antivirus komputer.
* Orang zaman dahulu nggak harus belajar MS word, Ms excel, cara mengoperasikan windows, belajar pemograman dsb.
* Orang zaman dahulu juga nggak harus mikir mengupdate driver mereka setiap saat.
* Orang zaman dahulu juga tidak pernah terganggu oleh aktivitas SPAM.
* orang zaman dahulu tidak akan bingung untuk mengganti hardware yang compability dengan software terbaru.
* dsb

Jadi sebenarnya saat muncul teknologi baru. Memang benar mereka memberikan manfaat menyelesaikan masalah manusia. Tapi pasti disisi lain muncul masalah yang diakibatkannya.

Contoh lainnya yang paling gampang adalah teknologi kendaraan bermotor, memang benar mereka membuat transportasi jauh lebih mudah. Efeknya ya tentu saja Pemanasan Global.


Loading....

Mempertahankan Motivasi Saat Kondisi Hancur

Melakukan Segala sesuatu yang kita harapkan mungkin tak berjalan sebagai mana mestinya, kekecewaan adalah hal yang wajar untuk dirasakan. Tapi jangan sampai kekecewaan membunuh motivasi kita. Memang bukan hal mudah untuk mempertahankan semangat di saat segalanya terasa buruk. Coba ikuti beberapa tips ini yang mungkin dapat membantu.
- Saat hal buruk terjadi. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengira-ngira situasi yang sedang Anda alami. Cari tahu kenapa tak berjalan seperti yang Anda harapkan. Terkadang ada kemungkinan untuk mengubah cara melakukan sesuatu, atau mengubah rencana Anda sepenuhnya. Terima lah dan rencanakan kembali segala yang tidak berjalan dengan baik, buat rencana lagi yang matang.

- Konsentrasi lah pada usaha yang dapat Anda kontrol. Coba untuk tidak bertahan pada apa yang tak dapat diubah atau dikontrol.

- Bertindak positif. Setiap kali Anda memikirkan hal negatif, segera hentikan. Ingatkan diri sendiri pada hal-hal yang berhasil Anda lakukan dan pertahankan. Berjanjilah pada diri sendiri bahwa segalanya akan berjalan dengan baik, dan Anda akan terus berusaha sampai berhasil.
Semoga Bermanfaat.


Loading....