Kalau
Anda perhatikan website-website ternama seperti yahoo, google news,
msn, dan tentu saja twitter, website-website tersebut memiliki fitur
untuk menampilkan topik yang sedang populer atau paling banyak dicari.
Topik atau peristiwa yang sedang hangat tersebut bisa berupa suatu
kejadian yang berulang menurut pola tertentu misalnya setiap akhir tahun
atau bisa juga kejadian yang terjadi hanya saat itu saja dan bukan
pengulangan kejadian yang sama yang terjadi di masa lalu. Entah Anda
ketahui atau tidak, apabila terjadi suatu peristiwa menarik maka
pencarian akan topik tersebut di Internet sering kali meningkat tajam.
Hal ini bisa Anda manfaatkan kalau Anda ingin traffic atau kunjungan
yang tinggi ke website atau blog Anda. Pilihlah topik yang berkaitan
dengan peristiwa atau sesuatu yang terjadi secara berulang-ulang dan
sering.
Untuk mengetahui pola atau tren pencarian suatu topik di Internet Anda bisa menggunakan Google Trends. Google
Trends merupakan alat yang dikembangkan oleh Google Labs untuk
membantu para webmaster melihat tren ketertarikan orang terhadap topik
tertentu dalam suatu periode.
Hal yang sangat berguna dari Google Trends adalah Anda
bisa membandingkan tren hingga lima topik atau kata kunci sekaligus.
Sebagai contoh, bila Anda memasukkan frase “cara membuat website” dan
“cara membuat blog”, grafik menunjukkan bahwa “cara membuat blog”
dicari lebih banyak dibandingkan “cara membuat website”. Kejadian kedua
topik ini tidak memiliki pola. Sekarang coba Anda bandingkan lagi
“piala dunia” dan “formula 1”, Anda akan melihat bahwa kedua topik ini
terjadi menurut pola tertentu. Pencarian “piala dunia” naik di
pertengahan 2010 sesuai waktu terjadinya piala dunia 2010, puncaknya
jauh lebih tinggi dibandingkan pencarian “piala dunia” di tahun 2006.
Dari grafik terlihat pencarian “piala dunia” meningkat setiap empat
tahun. Di sisi lain, pencarian “formula satu” memiliki pola yang
berbeda, pencarian “formula satu” selalu tinggi setiap tahun di mana
pada awal dan akhir tahun saja pencariannya menurun namun diluar itu
pencarian “formula satu” meningkat dan berfluktuasi yang disebabkan
apakah pada suatu pertandingan ada berita yang menarik atau tidak.
Semua ini merupakan informasi yang sangat berguna dalam memilih topik website atau blog dan memilih kata kunci yang tepat. Setelah Anda memiliki kata kunci yang tepat, gunakanlah teknik optimisasi mesin pencari atau SEO agar peluang website Anda berada di halaman depan hasil pencarian semakin besar.
Google
Trends juga memberikan informasi lainnya seperti perbandingan hasil
pencarian di berbagai negara, kota dan bahasa. Informasi seperti ini
bermanfaat untuk menentukan target dimana Anda akan menitikberatkan
promosi atau pemasaran produk dan jasa Anda.
Google
Trends tidak menunjukkan jumlah pencarian pada grafik. Anda hanya bisa
melihat tren pencarian kata kunci yang Anda masukkan, apakah naik atau
turun. Di atas grafik Anda bisa melihat kata kunci apa saja yang Anda
masukkan dan di sebelah kanan masing-masing kata kunci ada sebuah
angka, yang salah satunya adalah 1.0. Kata kunci dengan angka 1.0
merupakan patokan Anda. Misalnya “cara membuat blog” mendapat angka 1.0
sedangkan “cara membuat website” mendapat angka 0.48, artinya
pencarian “cara membuat website” kurang lebih setengah dari pencarian
“cara membuat blog”.
Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Google Trends:
1)
Masukkan lebih dari satu kata kunci. Grafik yang ditampilkan Google
Trends baru berarti apabila Anda membandingkan satu kata kunci dengan
kata kunci yang lain.
2) Gunakan alat bantu yang lain seperti Google Keyword Tool untuk mendapatkan kata kunci pembanding serta mengetahui jumlah pencarian suatu kata kunci.
Anda bisa membaca Google Trends – FAQ untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Google Trends.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar